Karakterisasi Pasar Modern Dan Pasar Tradisional (Studi Kasus Di Grand Mall Dan Pasar Sentral Maros)

Authors

  • Andi Nur Ilmi Universitas Islam Makassar
  • Musdalipa Mahmud Universitas Islam Makassar
  • A Susilawaty Hardiani Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/asejournal.v1i01.24

Keywords:

Karakterisasi, Preferensi, Pasar Modern dan Tradisional

Abstract

Perkembangan globalisasi pada masyarakat telah membawa perubahan. Keberadaan pasar modern juga menimbulkan persepsi yang berbeda - beda dari setiap kalangan masyarakat. Ada kelompok masyarakat yang berpandangan positif terhadap keberadaan pasar modern. Misalnya bagi masyarakat kelas menengah keatas, keberadaan pasar modern sangat menguntungkan karena mereka dapat berbelanja dengan nyaman dan leluasa di pasar modern. Akan tetapi, tidak jarang yang memiliki pandangan negatif atas keberadaannya. Mereka merasa dirugikan dengan kehadiran pasar modern di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakterisasi pasar tradisional dan pasar modern dan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap preferensi konsumen berbelanja di pasar tradisional dan pasar modern di Kabupaten Maros. Penelitian ini dilaksanakan Februari – April 2019 Metode yang digunakan adalah metode wawancara dengan mengambil responden sebanyak 40 orang yang di bagi menjadi 2 lokasi, yaitu 20 orang di pasar modern dan 20 orang di pasar tradisonal. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan karakteristik dari pasar tradisional yaitu Dimiliki oleh pemerintah dan terdapat tawar menawar. Sedangkan karakteristik pasar modern yaitu Fasilitas yang disediakan lengkap, kondisi lingkungan mall yang bersih, adanya pelayanan yang baik. Sehingga mampu menjadi daya tarik konsumen untuk berbelanja. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap preferensi konsumen berbelanja jenis mutu produk, pendapatan konsumen, harga produk dan tidak adanya proses tawar menawar, situasi dan kondisi berbeda mulai dari kebersihan tempat, keamanan, dan pelayanannya. Serta jarak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah Istijabatul. 2014. Penguatan Sinergi Antara Pasar Tradisional dan Modern Dalam Rangka Mewujudkan Pemerataan Pembangunan Ekonomi Kerakyatan. Arsitektur 4(2)22-31.

Angkasawati dan Milasari D. 2021. Pengembangan Pasar TradisionalDalam Meningkatkan Minat Pengunjung Di Pasar Tradisional

Boyolangu Kecamatan Boyolangu Tulungagung. Publiciana 14(1)169-187

Aryani, Dwinita. 2014. Efek Pendapatan Pedagang Tradisional dari Ramainya Kemunculan Minimarket di Kota Malang. Jurnal Dinamika Manajemen 2(2):169-180.

Asribestari R dan Setyono JS. 2013. Pengaruh Daya Tarik Pasar Tradisional dan Pasar Modern Terhadap Preferensi Konsumen (Studi Komparasi Pasar Karangayu dan Giant Supermode). Teknik PWK 2(3):539-548.

Effendi N. 2017. Studi Budaya Pasar Tradisional Dan Perubahan Gaya Hidup Masyarakat Pedesaan (Studi Kasus Pasa Nagari dan Masyarakat Nagari di Provinsi Sumatera Barat). Jurnal Antropologi 18(2):105-120

Ester dan Didik. 2013. Membuat Pasar Tradisional Tetap Eksis. Jakarta: Sinar Harapan

Ismail R, Sidemen Ida AW, Sunaryo Fransiska DS. 2019. Bertahannya Pasar Tradisional Sanglah di Tengah-Tengah Pengaruh Pasar Modern di Denpasar Tahun 2000-2018. Humanis 24(4):434-440.

Masyhuri M dan Utomo SW. 2017. Analisis Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pasar Tradisional Sleko di Kota Madiun. Assets 6(1):59-72

Rustiana Erna, Kania I, Nisrina A. 2022. Implementasi Kebijakan Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional di Kecamatan Semarang Kabupaten Garut (Studi Pasar Wisata Semarang). Dinamika 9(2):176-183.

Sarwoko Endi. 2008. Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Kinerja Pedagang Pasar Tradisional di Wilayah Kabupaten Malang. Modernisasi 4(2):97-115.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Toni Agus. 2013. Eksistensi Pasar Tradisional Dalam Menghadapi Pasar Modern di Era Modernisasi. El-Wasathiya 1(2):160-184

Downloads

Published

26-04-2025 — Updated on 31-12-2022

Versions

How to Cite

Ilmi, A. N. ., Mahmud, M. ., & Hardiani, A. S. . (2022). Karakterisasi Pasar Modern Dan Pasar Tradisional (Studi Kasus Di Grand Mall Dan Pasar Sentral Maros). Agribusiness and Socioeconomic Journal, 1(01), 40–51. https://doi.org/10.59638/asejournal.v1i01.24 (Original work published April 26, 2025)

Issue

Section

Articles