STRATEGI BAURAN PEMASARAN SIRUP MARKISA (PASSIFLORA EDULIS) PADA SISTEM PEMASARAN ONLINE DI KOTA MAKASSAR
Marketing Mix Strategy of Passion Fruit Syrup (Passiflora edulis) in Online Marketing System in Makassar City
Kata Kunci:
Strategi, Bauran pemasaran, Sirup Markisa dan Pemasaran OnlineAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemasaran sirup markisa online di CV Nuh Aurora Makassar, menganalisis penerapan bauran pemasaran online (7P), serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan proses pemasaran dan tantangannya, serta deskriptif kuantitatif untuk menyebarkan bauran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemasaran online sirup markisa menerapkan strategi 7P secara konsisten. Produk ditawarkan dalam tiga ukuran dengan harga yang disesuaikan dengan segmen pasar. Distribusi dilakukan melalui media sosial (Instagram, Facebook, TikTok, WhatsApp, Google Bisnis) dan marketplace seperti Shopee. Promosi menggunakan konten visual menarik dan iklan berbayar untuk memperluas jangkauan. Pelayanan pelanggan dilakukan melalui komunikasi langsung di WhatsApp dan Google Bisnis guna memastikan kelancaran transaksi. (2) Evaluasi bauran pemasaran menunjukkan bahwa variabel produk, harga, dan bukti fisik berada dalam kategori sangat baik, sedangkan tempat, promosi, dan orang termasuk dalam kategori baik. Sementara itu, variabel proses masih berada pada kategori cukup baik. (3) Faktor pendukung utama pemasaran online adalah penggunaan media sosial dan marketplace, sedangkan kendala utamanya meliputi biaya konten berbayar dan kebutuhan akan konten visual yang menarik. Temuan ini memberikan wawasan tentang efektivitas strategi pemasaran digital pada produk lokal serta rekomendasi untuk meningkatkan aspek yang masih kurang optimal.
Unduhan
Referensi
Alvionita, A., Lumbanraja, M.M.M. and Wildah, S.W. (2022) ‘Pengaruh Fasilitas Parkir Terhadap Perilaku Konsumen Dimoderasi Oleh Brand Image Minimarket di Kota Pekanbaru’, Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), pp. 274–281. Available at: https://doi.org/10.47065/jbe.v3i2.1779.
Apriyanti, M.E. (2018) ‘Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan’, Sosio Ekons, 10 (1)(2502–5449), pp. 20–27.
Barus, Y.Y., Sinaga, R.V. and Sagala, R. (2020) ‘PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Milala Service Station Medan)’, Jurnal Manajemen dan Bisnis, pp. 141–150. Available at: https://doi.org/10.54367/jmb.v20i1.694.
BPS (2022) Jumlah Usaha yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum di Makassar. Makassar.
Haq, I.N. (2018) ‘Determination of Price and Customer Satisfaction’, Journal of Economicate Studies, 1(2), pp. 97–108.
Hartawan, E. et al. (2021) ‘Pengaruh Iklan di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat pada E-Commerce’, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 8 (1), pp. 217–228.
Hasiholan, L.B., Amboningtyas, D. and Pambudy, A.P. (2021) Peranan Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Franchise Panganan Ringan di Kota Semarang. Bandung: Media Sains Indonesia.
Kurniawati, L., Untari, D. and Raspati, M.I. (2022) ‘Psikolgi Pemasaran di Era Komunikasi Digital’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, 5(1). Available at: https://doi.org/10.29103/jimfh.v5i3.10442.
Lenggogeni, L. and Ferdinand, A.T. (2016) ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Pembeli’, Diponegoro Journal Of Management, 5(3), pp. 1–12.
Lesnussa, J.U. and Warbal, M. (2023) ‘Pengaruh Sikap dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan’, Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik dan Bisnis, 4 (1), pp. 31–46.
Lupiyoadi and Hamdani (2014) Manajmen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Nafisah, D. and Surianto, Moh.A. (2024) ‘Optimasi Pelayanan Pelanggan: Suatu Penelitian Analisis Kualitas Layanan’, El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10 (1).
Novianto et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Social Engagement Pada Kedai Bintoro Kopi’, GIAT: Teknologi untuk Masyarakat, 1 (2).
Putra, Y.D. et al. (2022) ‘Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di PT. Alam Bumi Lestari’, SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(2), pp. 133–140. Available at: https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.402.
Rosita, R.D., Syamsiar Sitti and Kismantoroadji, T. (2020) Anaisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P terhadap Keputusan Pembelian Kopi Luwak pada Kopi Luwak Mataram, Bantul. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.
Saepul, S.A., Mulyatini, N. and Prabowo, F.H.E. (2019) ‘Analisis Faktor-Faktor Penetapan Lokasi Strategis Perusahaan PT. Pos Indonesia Cabang Ciamis Sebelum dan Sesudah Renovasi (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Cabang Kantor Pos Ciamis)’, Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(2), pp. 25–41.
Sundari, putri, Satria, H. and Hasnarika (2024) Pengaruh Penggunaan E-Payment dan Media Sosial Terhadap Kinerja Keuangan pada IKM Kota Tanjungpinang dengan Perspektif Technology Acceptance Model (TAM). Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIE) Pembangunan.
Susanti, S. and Mashudi (2022) ‘Analisis Pandangan Masyarakat Bangkalan terhadap Produk dengan Label Halal’, Istithmar?: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 6(2), pp. 146–158. Available at: https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i2.300.
Umar, H. (2013) Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Agribusiness and Socioeconomic Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Agribusiness and Socioeconomic Journal (ASE Journal) menerbitkan artikel-artikel di bidang Agribisnis, Sosial, dan Ekonomi Pertanian. ASE Journal diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UIM. Redaksi dapat merevisi artikel tanpa mengubah substansi dan isi setelah melalui proses blind review. Artikel yang dikirim oleh penulis harus naskah asli dan tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan oleh jurnal atau penerbit lain.
 
						 
							


















